Diajarin ngomong yang “benar”, malah ngambek

Setiap kali ada Youtuber yang mengajari penonton mereka cara berbicara bahasa Inggris dengan “benar” (perhatikan tanda kutipnya), pasti saja ada orang-orang yang marah.

Kenapa mereka marah? Mereka bilang logat tidak hanya ada satu. Jadi, menurut mereka, terserah kita mau ngomong kayak gimana.

Memang betul setiap bahasa memiliki berbagai macam logat. Memang betul juga bahwa di ilmu kajian bahasa, tidak ada yang namanya logat “benar” atau “salah”.

Tetapi, saya punya pertanyaan: mengapa anda belajar bahasa?

Jawabannya antara anda memang pencinta bahasa… atau anda ingin berkomunikasi dengan lebih banyak orang. Jika komunikasi adalah keinginan anda, jangan asal ngomong!

Adanya berbagai macam logat bukanlah alasan. Sebanyak-banyaknya mereka, tidak semuanya dianggap baku. Setiap negara ada yang namanya logat baku dan kegunaannya adalah mempermudah komunikasi antar warga negara; percuma adanya bahasa penyatu jika tidak ada logat penyatu.

Negara-negara berbahasa Inggris sadar bahwa bahasa yang mereka gunakan juga digunakan di negara-negara lain; mereka sadar bahwa logat baku mereka harus bisa dimengerti oleh warga asing. Itulah sebabnya kenapa logat-logat baku mereka cenderung mudah dimengerti orang luar, walaupun logat-logatnya terdengar jauh berbeda.

Lah, lu memangnya siapa? Kok bisa-bisanya bilang lu berhak ngomong sesuka hati dan harap semua orang ngerti?

Bayangkan jika ada orang bule mengucapkan Rupiah seperti Rupayah dan mengucapkan huruf C sebagai K…. dan mereka marah jika dikoreksi. Gak hanya lu gak akan ngerti, lu juga jadi gemes sampe ingin nabok mereka satu persatu.

Jujur saja, kita-kita yang bahasa Inggrisnya tergolong jauh lebih bagus juga ingin nonjok lu pade.

Author: The Stammering Dunce

I write blogs. I love to act smarter than I really am and I pretend that my opinions are of any significance. Support me on Patreon: https://www.patreon.com/user?u=9674796

One thought on “Diajarin ngomong yang “benar”, malah ngambek”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: