Apakah Indonesia adalah negara yang penuh berkah?

Tidak.

Banyak orang bilang kita negara yang penuh berkah karena kita bisa menanam hanya dengan menancapkan tongkat kayu ke tanah dan kita memiliki warisan alam dan kebudayaan yang sangat kaya.

Itu bukan keberkahan, itu adalah keberuntungan. Kita beruntung bahwa kita lahir di sini. Kita beruntung orang tua kita lahir, besar dan/atau memilih tinggal di sini. Kita dilahirkan sebagai orang Indonesia sama saja kita menang lotre. Lagi pula, jika penjajahan Belanda tidak mencakupi Sabang hingga Merauke, alam dan kebudayaan Indonesia tidak akan sekaya sekarang.

Itupun juga kita menyia-nyiakan keberuntungan itu.

Pelestarian alam dan kebudayaan kita sangatlah buruk. Alam dengan mudahnya rusak akibat keserakahan manusia dan budaya dengan mudahnya tergerus zaman. Belum lagi korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia yang masih merajalela dan disepelekan oleh khalayak.

Entah kita pura-pura bodoh… atau kita narsis.

Kok bisa-bisanya kita melihat kebobrokan diri sendiri dan menganggap kita jauh lebih pantas diberkahi dibandingkan bangsa-bangsa lain? Memangnya apa saja hal-hal mulia yang hanya bisa dilakukan oleh Indonesia dan tidak bisa dilakukan bangsa-bangsa lain? Memangnya apa andil kita dalam perkembangan akhlak dunia?

Tentu saja, banyak juga negara di dunia yang gagal melestarikan alam dan warisan budaya mereka sendiri. Banyak juga yang gagal menegakkan HAM.

Tetapi, hanya karena negara lain juga jelek, bukan berarti kita bisa seenaknya bilang negara kita bagus. Tahi akan selalu menjadi tahi, meskipun dikelilingi tahi-tahi yang lain.

.

.

.

.

.

Donate to this deadbeat, preachy blogger on Patreon.

Author: The Stammering Dunce

I write blogs. I love to act smarter than I really am and I pretend that my opinions are of any significance. Support me on Patreon: https://www.patreon.com/user?u=9674796

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: