Mayoritas yang Manja di Indonesia

MUI membuat fatwa yang melarang tempat-tempat kerja mengharuskan karyawan-karyawan Muslim untuk mengenakan atribut-atribut Natal. Fatwa tersebut banyak mendapatkan tantangan dari masyarakat, terutama kalangan non-Muslim.

Banyak dari kita yang Muslim kesal dengan keluhan mereka. Kita menganggap mereka tidak menghormati kehidupan umat Muslim. Kita menganggap mereka memaksakan kehendak. Kita menganggap fatwa tersebut hanya memengaruhi kita sendiri.

Jika anda percaya itu, berarti anda bebal terhadap kenyataan kehidupan beragama di Indonesia.

FPI, mengikuti fatwa yang dibuat dengan ceroboh, melakukan razia hiasan natal di berbagai pusat-pusat perbelanjaan di Surabaya. Persetan dengan umat Nasrani! Tidak boleh ada perayaan natal! Itupun hanya satu contoh. Tanpa FPI pun, umat Muslim di Indonesia akan tetap “dihormati”.

Jangan salah. Saya juga percaya bahwa kalangan mayoritas dapat didiskriminasi, seperti orang-orang berkulit hitam di Afrika Selatan pada zaman Apartheid dan umat Syiah di Irak yang pemerintahnya dikuasai umat Sunni. Tetapi, hal itu tidak terjadi terhadap umat Muslim Indonesia.

Doa-doa Islami selalu dilakukan di acara-acara yang dihadiri umat non-Muslim. Kementerian agama dikuasai oleh umat Muslim. Banyak perguruan tinggi yang didanai langsung oleh pemerintah. Jadwal berbagai saluran TV dirubah setiap bulan puasa. Kita bukan hanya mayoritas yang dihormati, kita juga adalah mayoritas yang terlalu dimanja.

Selama bertahun-tahun lamanya, kita memiliki status yang lebih tinggi dibandingkan kelompok-kelompok agama lain di negeri ini. Akibatnya, kita menjadi sangat manja. Kemanjaan itu membuat kita membalikan badan terhadap diskriminasi yang dialami kalangan minoritas. Kemanjaan itu membuat kita merasa ditindas jika mereka meminta hak-hak lebih yang sewajarnya.

Kemanjaan itu membuat kita sebagai gerombolan yang tidak tahu diri.

Author: The Stammering Dunce

I write blogs. I love to act smarter than I really am and I pretend that my opinions are of any significance. Support me on Patreon: https://www.patreon.com/user?u=9674796

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: